Kamis, 17 Desember 2015

Benteng Van Der Wijck Gombong Kebumen

Tentang Benteng Van Der Wijck


Benteng Van Der Wijck merupakan benteng pertahanan peninggalan hindia belanda yang dipugar dan diresmikan pada tanggal 5 oktober 2000 oleh kepala staf TNI angkatan darat Tyasno Sudarto. tentang struktur bangunan, benteng ini terdiri dari 2 lantai yaitu atas dan bawah. luas lantai atas atau bawah dari bangunan ini adalah 3606,625 m2 dengan tebal dinding 1,4 m dan mempunyai ketinggian 9.67 m dari tanah serta ditambah cerobong 3,3 meter. adapun lantai bawah Benteng Van Der Wijck Gombong Kebumen memiliki 4 pintu masuk utama dan 16 kamar besar dengan panjang 18 x 6,5 m serta 27 kamar lain dengan beragam ukuran dan total jendela sebanyak 72 buah. dari lantai bawah ke lantai atas dihubungkan dengan anak tangga yang berjumlah 8 buah dan 2 tangga darurat. sedangkan lantai atas terdapat 16 kamar besar dengan ukuran sama dengan lantai bawah ditambah 25 kamar lain yang bervariasi ukurannya dengan total ada 84 jendela. dilengkapi dengan 4 tangga yang menuju ke atap benteng. untuk pintu ada 2 macam pintu utama dan kamar.


 
Sejarah Benteng Van Der Wijck Gombong
pada abad ke 18 atau tapatnya tahun 1844 dibangun sebuah benteng pertahanan belanda di gombong dalam rangkan persiapan ada perang melawan kesultanan yogyakarta. benteng Van Der Wijck dibangun pada tahun 1844 selama 4 tahun dan selesai pada tahun 1848. kemudian benteng ini diberi nama fort cochius yang disematkan dari nama jenderal frans david cochius yaitu komandan perang di hindia belanda yang memimpin pasukan dalam perang melawan diponegoro tahun 1825 - 1830. puluhan tahun setelah itu benteng cochius berubah nama menjadi fort van der wijck untuk mengenang dan penghormatan kepada komandan van der wijck atas kepemimpinannya dalam perang untuk pemerintah hindia belanda.
Benteng Van Der Wijck Gombong Kebumen dibangun oleh corp. zeni belanda dengan mengerahkan 1400 buruh yang mayoritas diambil dari bagelen dan banyumas dengan diatur oleh pengawas. para buruh dibayar dengan 15 sen per hari sementara pada pengawas digaji 1 florin untuk tiap harinya. perlu diketahui ada beberapa nama yang terpampang di atas pintu masuk benteng Van Der Wijck gombong yaitu f.a. kortz, a.r. dibbetz (ibu f.d. cochius), l.j.l.t. van gorkum (kapten infanteri), l.h. deeleman dan k.f.w. bouwensch keduanya merupakan pejabat militer pada masa cochius.  
Cerita Benteng Van Der Wijck. sebagaimana dituturkan sebelumnya bahwa Benteng Van Der Wijck Gombong Kebumen dibangun pada tahun 1844 tidak seperti tulisan yang ada pada tembok bahwa benteng dibangun pada tahun 1818. hal ini dikemukakan oleh website kebumen2013.com dengan menyadur dari banyak sumber referensi dan pada salah satu foto tertulis di salah satu pintu benteng tahun 1844 - 1848 yang menunjukkan pembangunan bangunan ini selam 4 tahun. 




Wisata Benteng Van Der Wijck
tiket masuk benteng van der wijck tulisan ini dibuat yaitu september 2015 sebesar 25.000 rupiah. tiket ini termasuk terusan untuk masuk ke water park atau kolam renang yang dipatok dengan tarif 10.000 rupiah dan juga kereta wisata yang ada diatas benteng. jadi sekarang sudah diganti tiket terusan dengan biaya 25 ribu dengan menikmati kolam renang dan kereta atas benteng. adapun untuk wahana lain masih harus membayar lagi dengan tarif 10 ribu untuk masing-masing wahana seperti terapi ikan, kincir raksasa, becak air, bom bom car, kereta mini untuk mengelilingi benteng, komedi putar  serta kampoeng kuliner yang bisa dicoba. adapun untuk permainan gratis disediakan ayunan, roda putar, seluncuran, ayunan bersama, foto di tank dan meriam serta foto di replika berbagai binatang seperti dinosaurus, jerapah, badak dll.
 
 



Cara Ke Benteng Van Der Wijck
jika anda dari wilayah barat atau dari banjarnegara maka cara ke benteng van der wijk dapat melalui pasar mandiraja diteruskan ke waduk sempor kemudian menuju gombong. setelah itu anda akan melihat papan reklame benteng van der wijck sangat besar yang dapat mengawal anda untuk sampai ke benteng dengan mengikuti anak panah yang disediakan. adapun jika anda dari kebumen maka anda harus terus menuju karang anyar kemudian ke gombong dan jika sudah sampai kecamatan sumpiuh terus jalan dan akan terlihat papan reklame benteng ini, ikuti sesuai petunjuk diatas. Benteng Van Der Wijck juga pernah dipakai untuk membuat video klip slank, juga pembuatan reality show farah quinn serta tempat pembuatan film the raid 2 berandal.
 


SEMOGA BERMANFAAT :)

Sumber:






sumber gambar:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar